Senin, 11 Desember 2017

Dokter

5 Manfaat Tersembunyi Dari Daun Binahong Bagi Kesehatan Dan Kulit

Mungkin sedikit dari kita yang kenal dengan daun gondola, tapi bagaimana dengan daun binahong? Yup, pasti sudah tidak asing lagi, bukan. Daun binahong adalah tumbuhan yang biasa merambat pada dinding atau pagar, di Indonesia sendiri tumbuhan ini biasa disebut Gondola. Bentuk daunnya sekilas menyerupai daun sirih namun sedikit lebih tebal. Dibalik kesederhanaannya, ternyata daun binahong menyimpan segudang manfaat yang jarang sekali diketaahui, lho. Mungkin selama ini banyak dari kita yang mengetahui khasiat binahong hanya untuk mengobati luka pada kulit saja. Lebih dari itu, ternyata masih ada banyak lagi manfaat daun binahong.

Tentu saja manfaat daun binahong ini sangat penting untuk dikethui karena mampu mengobati beberapa macam penyakit. Sebenarnya, seluruh bagian dari tumbuhan binahong ini bisa dimanfaatkan sebagai obat, namun yang sering diolah hanya daun binahong saja. Seperti apa saja sih manfaat dari daun binahong? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.
manfaat daun binahong untuk kulit jerawat

Obat Luka
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya dan sudah banyak dari kita yang mengetahuinya, daun binahong ini memiliki kemampuna untuk menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas luka. Hal ini karena daun binahong memiliki kandungan minyak atsiri dan asam karbonat yang sangat berguna untuk menutup luka. Sangat mudah sekali untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu menumbuk beberapa daun binahong sampai halu lalu oleskan pada luka. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakannya secara rutin.

Obat Jerawat
Karena mampu mengobati luka pada kulit, tentu saja binahong juga sanggup untuk menghilangkan jerawat dan membuat kulit halus. Tak hanya itu saja, antioksidan dalam daun binahong ini juga mampu mencegah timbulnya keriput. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk beberapa daun binahong lalu mengoleskannya pada wajah. Selain digunakan secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya digunakan sebagai masket malam sebelum tidur.

Penambah Stamina
Kandungan pada daun binahong dapat mengembalikan tenaga dan stamina tubuh yang terkuras akibat bekerja. Rebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 1 gelas. Sangat dianjurkan pula meminumnya secara rutin setiap hari.

Memperlancar Haid
Sedangkan bagi para wanita yang menstruasinya tidak lancar bisa mencoba ramuan binahong untuk mengatasinya. Caranya dengan merebus 3 lembar daun binahong dengan air sebanyak 2 gelas. Namun rebus hingga mendidih dan menyisakan air sebanyak 1 gelas. Setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

Mengobati Disentri
Untuk mengobati kelainan buang air besar ini bisa dengan membuat ramuan binahong dengan merebus 10 lebar daunnya yang sudah dicuci bersih. Rebus daun tersebut bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa air rebusan hanya sekitar 1 gelas saja. Minum air tersebut dan lakukan treatment ini setiap hari sampai disentrinya sembuh.


Nah, itulah beberapa manfaat luar biasa dari daun binahong. Saat ini juga sudah banyak sekali produk herbal yang menggunakan bahan dasar dari daun binahong, namun apabila Anda termasuk orang yang bsia dengan mudah mendapatkan daun binahong, akan lebih baik apabila membuatnya sendiri.

Dokter

About Dokter -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :